Home » » Mengatur uang saku

Mengatur uang saku

Written By Unknown on Minggu, 11 November 2012 | 05.43


MENGATUR UANG SAKU

Aduh, belum juga 1 bulan, jatah uang saku untuk sebulan habis. Ah, gara-gara kemarin jalan-jalan dan tergiur dengan barang diskonan sih selain itu pacar minta ini itu, gak diturutin malah dikira pelit, g sayang lagi, minta putus.Apa lagi kalau dipinjem sama temen atau sohib loe loe pada. Malah lebih ribet lagi Gan. Terus tergiur jajan yang sebenernya g perlu di beli seperti mie ayam (makanan kesukaan saya), bakso, roti, atau apapun jenis makan tersebut. Tapi kalo udah kalo air liyur ini keluar, susahnya minta ampun untuk nolak Akibatnya harus manyun tanpa uang jajan di akhir bulan.

            Ehem, kalian kalian pernah menghadapi hal serupa? Sering? Wah, bisa gawat tuh, bisa-bisa loe loe pada manyun kaya gua. Itu tandanya loe belum bisa mengelola uang saku. Nah, agar keuangan kalian aman, tidak ada salahnya kalian mencoba kiat dan tips berikut.
1.            Menghargai uang. Camkan pada diri kalian bahwa orang tua bukanlah ATM berjalan. Perlu perjuangan dan waktu untuk mendapatkan uang.
2.            Buatlah rencana anggaran kebutuhan kalian setiap bulan.
3.            Buat prioritas belanjakan uang saku menurut prioritasnya.
4.            Bedakan antara barangyang benar-benar kalian butuhkan untuk dibeli terlebih dahulu dan mana barang0-barang yang sebetulnya hanya diinginkan.
5.            Camkan pada diri sendiri bahwa uang saku tidak selalu harus dihabiskan. Biasanya untuk menyisakan uang saku untuk ditabung
6.            Tak harus pelit. Hemat tidak sama dengan pelit. Jika ada kawan yang tengah kesulitan, jangan segan membantu
7.            Setiap kalian abis jajan catat pengeluaran kalian, jadi kalian bisa menghitung pengeluaran kalian
8.            Kalo ada pemasukan (in-Come) catat juga bergejolak
9.            Kalo bisa jajanlah max Rp 5.000 sampai 8.000 rupiah bagi anak sekolahan
10.        Tahan terus nafsu yang terus
11.        Kalo bisa sekolah itu bawa bekal supaya meminimalisir uang jajan kalian
12.        JANAGN LUPA CATET CATET CATET PENGELUARAN KALIAN
13.        PRAKTEKKAN
Ini tips dari saya yang nyatanya berhasil bagi saya, dan semoga treat yang singkat ini bermanfaat bagi kalian. Efeknya  kalian bisa membeli barang-barang yang penting disuatu waktu nanti yang akan berguna bagi kalian. awalnya memang sulit, tapi kalo udah berhasil manfaatnya anda bisa-bisa membeli sesuatu tanpa merepotkan orang tua. Itu kan yang kita inginkan.
            SEKALI LAGI CATET bbbbbbrrrrrrrooooooooooooo...........
Karena Kuncinya hanya diCATET

TERIMA KASIH
Share this article :

Popular Posts

Labels

Comment

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DKEY CJDW - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger