Home » » Gelang statik

Gelang statik

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 05.47


Gelang antistatik (Bahasa Inggris: antistatic wrist strap, ESD wrist strap, atau ground bracelet) adalah alat yang digunakan untuk mencegah pengosongan elektrostatik (Bahasa Inggris: electrostatic discharge, yang disingkat ESD) dengan membumikan (grounding) seseorang yang sedang mengerjakan alat elektronika. Bagian gelang merupakan tenunan elastis berserat konduktif. Serat biasanya terbuat dari karbon atau karet berisikan karbon, dan gelang dikancingkan dengan sebuah lempengan atau penjepit baja anti karat. Gelang antistatik biasanya digunakan bersama-sama dengan tatakan anti statik di atas meja kerja, atau lapisan plastik penghilang statis di permukaan meja kerja.
Sebuah gelang antistatik berpenjepit buaya


Gelang dihubungkan ke tanah melalui sebuah kabel terlilit yang dapat ditarik kembali dan resistor megaohm, yang membolehkan muatan bertegangan tinggi lewat tapi mencegah bahaya kejutan listrik saat sedang bekerja dengan bagian bertegangan rendah. Dimanapun tegangan tinggi berada, hambatan tambahan (0,75 megaohm per 250V) ditambahkan di dalam jalur ke tanah untuk melindungi sang pemakai dari arus yang berlebihan; ini biasanya berbentuk 4 resistor megaohm di dalam kabel terlilit (atau 2 resistor megaohm di setiap ujung).

Gelang antistatik di dalam industri biasanya dihubungkan ke Earth Bonding Point (bagian dari sistem pentanahan) melalui sumbat 4 mm atau 10 mm press stud, sedangkan gelang antistaik milik pribadi dihubungkan ke tanah melalui sebuah jepitan buaya.

Di samping gelang, industri juga menggunakan gelang pergelangan kaki dan tumit untuk menyalurkan muatan yang terakumulasi dari tubuh pekerja. Piranti-piranti ini biasanya tidak dihubungkan ke permukaan bumi, tapi digabungkan dengan hambatan tinggi di dalam konstruksinya, dan bekerja dengan menghamburkan muatan listrik ke ubin lantai khusus. Karena kabel pentanahan akan mengganggu pergerakan pekerja, gelang digunakan saat pekerja harus bergerak di dalam sebuah wilayah kerja, seperti di dalam ruang bedah.
Di dalam tubuh kita terdapat muatan listrik statis yang harus kita netralkan bila kita sedang merkit komputer. Salah satu alat yang bisa membantu menetralkan muatan tersebut adalah gelang anti statis.
bahan- bahan yag diperlukan:

1.        jepit mulut buaya 1 buah
2.        selongsong skun 1 buah
3.        kabel scerm 1,5m/2 m
4.        elastis 20 cm
5.        skun kabel yang ujungnya berbentuk bulat 1 buah  ber fungsi untuk penyambungan kabel ke terminal atau panel dengan dibautkan pada bussbar atau panel.
6.        kancing baju logam 1 buah. kancinya yang besar
7.        pengait tas 1 buah

alat-alat yang dibutuhkan:
1.        solder
2.        timah
3.        penitik
4.        jarum,,
5.        benang
6.        palu
7.        tang bengkok
cara membuat:


1.        kupas kedua ujung kabel
2.        Letakkan salah satu ujung kabel pada skun , jepitkan kedua siripnya dengan tang agar kabel tidak lepas dari skun. Solder kabel dengan skun agar lebih kuat. Masukan selong song skun pada kabel dengan posisi menghadap ke ujung skun.
3.        Buka selongsong jepit mulut buaya dan masukkan pada kabel dengan posisi menghadap ke ujung kabel yang akan dipasang jepit mulut buaya. Letakkan ujung kabel dengan kaki jepit mulut buaya, jepit kabel dengan sirip jepit mulut buaya menggunakan tang. Solder sambungan tersebut.masukkan selongsong dari ujung kabel yang satunya dan solderlah sekun dengan kabel
4.        Lubangi bagian tengah elastis. Saya sarankan menggunakan solder karena tidak akan merusak struktur elastis tersebut.
5.        Ambil kancing tek bagian depan (permukaan yang rata dan pasangannya berupa cekungan yang besar) . Letakkan ujung yang menonjol kancing tek permukaan rata di tengah lubang elastis dan pasangkan dengan pasangannya di permukaan lain, pecahkan ujung tersebut dengan palu dan penitik.
6.        Ambil kancing tek bagian belakang. Pada bagian kancing tek yang menonjol pasangkan dengan ujung skun dan tumpuklah dengan pasngankancing tek tersebut, lalu pecahkan ujung yang menonjoltersebut dengan palu dan penitik.
7.        Jahitlah salah satu ujung elastis dengan pengait tas yang berfungsi sebagai penguncigelang dengan tangan. Lalu pasngkan selongsong dengan skun aatupun jepit mulut buaya.
8.        Gelang siap digunakan dengan cara memasangkan elastis dengan kabel dan memakaikannya ke tangan.

Harga gelang static ini berkisar antara 25 sampai 50 ribu rupiah
Share this article :

Popular Posts

Labels

Comment

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DKEY CJDW - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger